10 Orang Ini Diduga Adalah Satoshi Nakamoto

Satoshi Nakamoto adalah sesosok misterius dibalik bitcoin. Dia adalah penemu bitcoin. Namun banyak yang mengatakan bahwa dia bukanlah seorang saja. Dia adalah sekumpulan programmer yang menggunakan nama Satoshi Nakamoto didalam mempublikasikan karyanya.

“Satoshi” means “clear thinking, quick witted; wise”. “Naka” can mean “medium, inside, or relationship”. “Moto” can mean “origin”, or “foundation”.

Satoshi berarti “pikiran yang jernih, cerdas, dan bijaksana” Naka berarti “ sedang, didalam, atau hubungan” Moto Berarti “ Asal atau dasar”.

Who is Satoshi Nakamoto?

Selama ini orang mengenal Satoshi Nakamoto adalah pencipta Bitcoin. Ya, memang betul nama tersebut adalah nama yang diperkenalkan sebagai pendiri bitcoin namun siapa pribadi dibalik Satoshi Nakamoto masih misteri. Apakah dia laki-laki atau perempuan ataukah dia orang Jepang atau bahkan banyak orang.

Berikut ini adalah 10 orang yang diduga sebagai pribadi dibalik nama Satoshi Nakamoto?

  1. Apakah Dia Dorian Satoshi Nakamoto?

Nama yang sama itulah yang menjadi dugaan banyak orang bahwa dia pencipta bitcoin. Dorian Satoshi Nakamoto justru menolak bahwa dia tahu tentang bitcoin.

Nakamoto has said in a statement issued through his recently hired lawyer, LA-based Ethan Kirschner, that he “did not create, invent or otherwise work on bitcoin”.

http://www.coindesk.com/dorian-nakamoto-hires-lawyer-denies-knowledge-bitcoin/

 

Dorian Menolak bahwa dia adalah penemu bitcoin. Menurut pernyataanya hidup tidak mudah bagi dia. Nakamoto adalah warga Temple City, California. Nakamoto punya background di teknik dan “ Punya kemampuan pemrograman” kata dia, tetapi dia tidak mendapatkan pekerjaan tetap selama 10 tahun. Dia bekerja sebagai buruh, guru pengganti dan Pelaku Survei( Polltaker)”.

Namun yang menjadi kontroversi dia menyatakan seperti ini

Nakamoto said, “I am no longer involved in that and I cannot discuss it. It’s been turned over to other people. They are in charge of it now. I no longer have any connection.” Los Angeles County Sheriff’s Department later confirmed this quote – their deputies had been present at the time. In a later interview, Dorian, alongside Andreas Antonopoulos, denied any connection to Bitcoin and claimed he had not heard of it until Leah’s article.

https://www.cryptocoinsnews.com/called-the-inventor-of-bitcoin-satoshi-nakamoto/

Nakamoto berkata “ Saya tidak lagi terlibat hal itu dan tidak mau berdiskusi lagi tentang itu. Hal itu sudah berpindah kepada orang lain. Mereka bertanggung jawab dengan itu. Saya tidak punya hubungan lagi. Departemen kepolisian LA mengkonfirmasi pernyataan itu betul pada waktu itu.  Dalam interview selanjutnya Dorian bersama dengan Andreas Antonopoulus menyangkal ada hubungan dengan bitcoin dan tidak pernah mendengarnya sampai Leah menulis artikelnya pada bulan Maret 2014.  

  1. Nick Szabo

Szabo merupakan warga amerika keturunan Hungaria. Dia adalah seorang pemikir tentang mata uang yang tedesentralisasi. Dia menerbitkan tulisan dengan judul “bit gold”. Hal ini menjadikan dugaan awal adanya bitcoin. Bit gold tidak ada hubunganya dengan BitGold. Szabo juga menolak tudingan sebagai Satoshi Nakamoto.

 

  1. Hal Finney

Dia adalah orang pertama yang menjalankan bitcoin node setelah Satoshi Nakamoto. Dia mempelajari celah keamamanan dan bugs dan membantu mengembangkan bitcoin. Wartawan Forbes mengungkap bahwa Finney tinggal hanya beberapa blok dari rumah Dorian Nakamoto di California. Tulisanya sangat mirip dengan tulisan Nakamoto.

Hal Finney had lived for almost a decade in Temple City, the same 36,000 person town whereNewsweek found Dorian Nakamoto. Finney’s address was only a few blocks away from the Nakamoto’s family home.

http://www.forbes.com/sites/andygreenberg/2014/03/25/satoshi-nakamotos-neighbor-the-bitcoin-ghostwriter-who-wasnt/

Finney is known to be the second-ever user of Bitcoin after Satoshi Nakamoto himself. He had been one of the first supporters of the idea when Nakamoto floated it on a cryptography mail list, and even received the first Bitcoin test transaction from Nakamoto in early 2009, as Finney himself wrote in a post to the Bitcointalk forum.

http://www.forbes.com/sites/andygreenberg/2014/03/25/satoshi-nakamotos-neighbor-the-bitcoin-ghostwriter-who-wasnt/

Finney juga menjadi orang kedua setelah Nakamoto  yang melakukan transaksi dengan bitcoin.  Di awal 2009 dia menerima transaksi pertama didalam percobaan menggunakan bitcoin seperti yang ia tulis di Bitcointalk Forum. Dengan kemiripin tulisanya dengan tulisan Satoshi Nakamoto dia menjadi kandidat Orang yang dimaksud sebagai Satoshi Nakamoto.

  1. John Nash

John Nash dengan idenya Ideal Money ( Uang ideal ) Menjadi kandidat lain Satoshi Nakamoto. Dia adalah ahli matematika di abad 20. Dia juga bermain dalam film “ A beautiful mind’ Yang memenangkan piala Oscar 2001.

Pernyataan John Nash di tahun 1955

John Nash’s 1955 Quotes:

“I am speaking about a research project that is not fully complete since I have not yet written up and submitted for publication any paper or papers describing the work. Also the details of what axioms to use and how to select the basic set theory underlying the hierarchical extension to be constructed are not fully crystallized. I have also a great fear of possible error in studying topics in this area. It is not rare, historically, for systems to be proposed that are either inconsistent or that have unexpected weaknesses. So I feel that I must be cautious and proceed without rushing to a goal. And this psychology of fear has also inhibited me from consulting other persons expert in logic before I could feel that I had gotten my own ideas into good shape.”

Saya berbicara tentang sebuah proyek penelitian yang tidak sepenuhnya lengkap karena  belum saya tulis dan dikirimkan untuk publik sebuah karya tulis yang menjelaskan pekerjaan tersebut . Juga rincian apa aksioma digunakan dan bagaimana untuk memilih teori pengaturan dasar yang mendasari perpanjangan hirarkis yang akan dibangun tidak sepenuhnya mengkristal . Saya juga punya ketakutan besar kemungkinan kesalahan dalam mempelajari topik di daerah ini . Hal ini tidak jarang , secara historis , untuk sistem yang akan diusulkan yang baik tidak konsisten atau yang memiliki kelemahan yang tak terduga . Jadi saya merasa bahwa saya harus berhati-hati dan melanjutkan tanpa bergegas untuk menyelesaikanya. Dan psikologi dari  ketakutan ini  juga telah menghambat saya dari konsultasi  dengan orang lain yang  ahli dalam logika sebelum saya bisa merasakan bahwa  ide-ide saya sendiri sudah merupakan ide yang sempurna  . ” (maaf terjemahanya gak bagus).

 

“This memorandum concerns some ideas for new designs of the control system in high-speed digital computers. The ideas are yet in an immature and rather unspecific form, but this is a subject that deserves some attention and thought for the future. Indeed the idea is more or less futuristic and is more appropriate for the “electronic brains” of the future than for the computers now used, or under construction, or even planned. The basic idea is simple. Instead of having a single control unit sequencing the operations of the machine in series (except for certain subsidiary operations as certain input and output functions) as is now done, the idea is to decentralize control with several different control units capable of directing various simultaneous operations and interrelating them when appropriate.”

” Memorandum ini menyangkut beberapa ide untuk desain baru dari sistem kontrol di komputer digital berkecepatan tinggi . Ide-ide  yang belum matang dan agak tidak spesifik , tapi ini adalah subjek yang layak perhatian dan pemikiran untuk masa depan . Memang ide ini kurang lebihnya  futuristik dan lebih tepat untuk ” otak elektronik ” dari masa depan daripada komputer sekarang digunakan , atau di bawah konstruksi, atau bahkan direncanakan . Ide dasarnya sederhana . Alih-alih memiliki unit kontrol tunggal yang bersamaan  operasinya  di beberapa mesin ( kecuali untuk operasi anak perusahaan tertentu sebagai input dan output fungsi tertentu ) seperti yang sekarang dilakukan , idenya adalah untuk mendesentralisasikan kontrol dengan beberapa unit kontrol yang berbeda mampu mengarahkan berbagai operasi simultan dan saling berhubungan  pada saat yang tepat . ”

 

John Nash’s Letter to the NSA

http://fuk.io/who-is-satoshi-nakamoto-the-truth/

Dari pernyataan John Nash diatas terlihat sama antara bitcoin yang merupakan mata uang yang terdesentralisasi. Namun  Ide Nash masih terlihat mentah.

  1. Michael Clear

Michael Clear adalah orang Irlandia. Dia bekerja pada Irish Bank. Seorang ahli dibidang ilmu computer.Dia lulusan  cryptography dari Trinity College in Dublin, Irlandia. Dia merancang program software perdagangan mata uang. Konsep yang digunakan juga hampir sama dengan bitcoin yaitu peer-to-peer teknologi. Michael yang juga ahli bidang cryptography dan peer-to-peer teknologi menolak dikatakan sebagai Satoshi Nakamoto.

“I’m not Satoshi [Nakamoto, the likely pseudonymous author of the paper], but even if I was I wouldn’t tell you,” Clear said.

“ Saya bukan Satoshi Nakamoto, Tetapi jika saya adalah orangnya saya juga tidak akan mengatakanya kepada anda”. Kata Clear.

http://www.businessinsider.com/michael-clear-denies-creating-bitcoin-2013-4?IR=T&r=US&IR=T

  1. Vili Lehdovita

Dia adalah ekonom dari Finlandia. Dia bekerja sebagai peneliti di Helinski Institut of Information Technology.Selain itu dia juga seorang game programmer serta belajar cryptocurrency. Dia aktif sebagai advocate untuk privacy online. Namun dia tertawa ketika disebut sebagai Satoshi Nakamoto. Yang membuat orang ragu dia tidak punya kemampuan di bidang cryptography.

http://www.thewire.com/technology/2011/10/race-unmask-bitcoins-inventors/43535/

  1. Nael King dan Rekan

Nael King, Vladimir Oksam dan Charles Bry bisa jadi penemu bitcoin. Mereka mematenkan encripsi protocol yang mirip dengan bitcoin 72 jam sebelum domain bitcoin.org didaftarkan pada tanggal 15 Agustus 2008.

Now, another coincidence: The Bitcoin.org domain was registered by a Finnish provider, based in Helsinki.

Bitcoin,org didaftarkan oleh provider di Finlandia di Helsinki.

Charles Bry melakukan perjalanan ke Finlandia tahun 2007  6 bulan sebelum bitcoin.org didaftarkan.

http://www.fastcompany.com/1785445/bitcoin-crypto-currency-mystery-reopened

  1. Shinichi Mochizuki

Mochizuki adalah pakar matematika asal Jepang yang diduga Satoshi Nakamoto. Namun Mochizuki menolak anggapan tersebut.  Ted Nelson (seorang pioneer dibidang IT, Filosofi, dan sosiolog. Dia juga menerbitken hypertext dan hypermedia ditahun 1963) merilis video yang mengatakan Mochizuki adalah penemu bitcoin. Namun banyak yang meragukan kemampuan Mochizuki dalam bidang Cryptography.

http://qz.com/86255/the-mysterious-creator-of-bitcoin-could-be-japanese-mathematician-shinichi-mochizuki-says-the-inventor-of-hypertext/

  1. Wei Dai

Wei Dai adalah lulusan Universitas Washington, jurusan Ilmu Komputer tahun 1998. Wei Dai juga disebut sebagai persona dibalik Satoshi Nakamoto. Namun anda akan temui percakapan email antara Wei Dai dan Nakamoto disni  http://www.gwern.net/docs/2008-nakamoto.

Kalau Nick Szabo punya konsep bit gold Wei Dai mempunyai b-money. Konsep P2P currency yang hampir sama dengan bitcoin. Dia menerbitkan papernya di cypherpunks mailing-list di November 1998.

http://www.ibtimes.com/who-craig-wright-he-really-bitcoin-creator-satoshi-nakamoto-new-evidence-shows-he-2217738

  1. NSA ( National Security Agency )

Sebagian orang menganggap NSA lah si Satoshi Nakamoto. Namun dugaan ini juga lemah karena Bitcoin sendiri ingin menghindari deteksi oleh pemerintah. Dugaan tersebut didasarkan pada proyek browser anonymous TOR yang dilakukan oleh US Naval Research Lab. 80 % dana proyek tahunan yang mencapai $2 juta dollar dari Pemerintah AS.

Kedua Cryptography SHA-2 yang merupakan bagian dari network bitcoin asalnya dibuat oleh NSA. Termasuk juga TSL ( Transport Security Layer) juga di desain oleh NSA. Namun banyak yang menyangsikan keterlibatan NSA. Professor Universitas Trine mengatakan bahwa paper tentang bitcoin ditulis oleh satu orang.

http://www.telegraph.co.uk/technology/10673546/Who-is-the-reclusive-billionaire-creator-of-Bitcoin.html

Bagaimanapun juga semua masih dugaan. Belum ada bukti terang yang mengatakan siapa sebenarnya Satoshi Nakamoto.. Anda yang beranggapan bahwa Satoshi Nakamoto merupakan sekelompok programmer dan ahli dibidang cryptography, dan matematika yang berkumpul baik langsung atau tidak langsung yang membuat bitcoin.

Bagaimana dengan Craig Wright? Apakah dia Satoshi Nakamoto? Kalangan komunitas bitcoin menyangsikan Craig Wright sebagai Satoshi Nakamoto justru mereka mengatakan dia hanyalah seorang hoaxer yang mencari kesempatan untuk mendapatkan popularitas dengan menjadi Satoshi Nakamoto. Bisa jadi karena Satoshi Nakamoto adalah persona yang istimewa dan kemungkinan akan menjadi kandidat sebagai peraih nobel Ekonomi di tahun ini.

https://www.cryptocoinsnews.com/called-the-inventor-of-bitcoin-satoshi-nakamoto/

Sampai saat ini Satoshi Nakamoto masih misterius. Apakah suatu saat akan terbuka siapa Sebenarnya pribadi dibalik nama besar itu? Jika bitcoin mencapai harga $1000 per Bitcoin bisa jadi dia adalah orang yang paling dicari oleh Pemerintah Amerika maupun Negara lainya. Kerena dengan tingginya harga bitcoin tentu akan mempengaruhi pasar keuangan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + twenty =