Apa Itu Etherium Dan Perbedaanya Dengan Bitcoin?

Etherium sering disebut sebagai program komputer yang terdesentralisasi yang berjalan dengan smart kontrak atau aplikasi pemrograman yang berjalan sendiri tanpa kemungkinan down, sensor, pemalsuan dan pengaturan oleh pihak ketiga. Etherium lebih dari sekedar mata uang virtual atau altcoin seperti layaknya bitcoin. Dengan teknologi blockchain Etherium pengembang bisa membuat pasar, menyimpan data hutang, menyalurkan dana,  dan melakukan transaksi jual beli tanpa ada campur tangan pihak ketiga. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Turing Complete.

Apa itu etherium?

Proyek Etherium dikerjakan oleh sebuah lembaga Etherium Foundation yang berlokasi di Swiss. Etherium pertama kali dibuat oleh Vitalik Buterin, Seorang programmer dan sekaligus penulis. Buterin adalah seorang keturunan Rusia. Dia  besar di Canada, namun sekarang ia tinggal di Swiss. Buterin tertarik dengan bitcoin pada tahun 2011.  Ia bekerja sebagai penulis di Bitcoin Magazine.

Pada tahun 2014 Etherium meluncurkan pre-sale dan mendapatkan respon yang luas. Distribusi Etherium pada saat pre-sale adalah 60 juta Ether untuk para contributor. 12 juta digunakan untuk pengembangan yang sebagian besar digunakan oleh Etherium Foundation. 5 Ether tercipta setiap 15 – 17 detik untuk para miner. 2-3 Ether diberikan kepada miner yang bisa menyelesaikan solusi dari puzzle pada mining. Etherium  secara resmi diluncurkan pada tanggal 30 Juli 2015.

Berapa Ether yang tersedia?

Jumlah Ether yang tersedia tergantung dengan kesepakatan. Pada saat pre-sale terjadi kesepakatan bahwa setiap tahun akan dihasilkan 18 juta Ether setiap tahun. Namun , pada tahun 2017 akan terjadi kesepakatan lagi berdasarkan bertumbuhnya aplikasi dan penggunaan Ether. Akan terjadi consensus yang disebut Casper. Namun demikian kesepakatan tersebut akan terjadi berdasarkan Smart Contract yang terdesentralisasi yang tidak ada pihak yang mengontrol atau mendominasi . Semua berdasarkan dengan kesehatan dan keamanan dari network.

Apa Perbedaan Etherium dengan Bitcoin?
  1. Penciptaan block pada bitcoin terjadi setiap 10 menit sedang pada Etherium setiap 12 detik.

 

  1. Bitcoin block reward menjadi ½ setiap 4 tahun sementara Etherium block reward sama setiap tahun atau berdasarkan consensus. Etherium lebih dekat pada model ekonomi.

 

  1. Biaya transaksi bitcoin bersaing satu dengan yang lainya sedangkan Biaya transaksi pada Etherium dihitung berdasarkan bandwith, tingkat kesulitan pada program komputer, dan data penyimpanan yang diperlukan.

 

  1. Bitcoin miner pada awal peluncuran bisa mendapatkan bitcoin lebih banyak karena bukan dikerjakan banyak orang, sedang Etherium adalah crowdfunding sehingga jumlah Ether pada pre-sale terdistribusi ke banyak orang. Tidak seperti bitcoin yang dikatakan Satoshi Nakamoto memiliki 1 juta bitcoin karena dia adalah miner pertama.

 

  1. Bitcoin Mining Pool diperlukan pada Bitcoin sedangkan pool tidak harus diperlukan untuk mining Etherium. Etherium menggunakan Ghost Protocol.

 

  1. Bitcoin menggunakan algoritma SHA-256 . Ethereum menggunakan memori hard hashing algoritma yang disebut Ethash yang meringankan terhadap penggunaan ASICS, dan mendorong pertambangan desentralisasi oleh individu menggunakan GPU sementara bitcoin tidak demikian.

 

Decentralized application (Dapps) dan Smart Contract

Smart Contract adalah system otomatisasi sederhana yang terdesentralisasi atas dua atau lebih pihak dimana pihak tersebut menaruh asset digital sehingga pihak-pihak yang terlibat kontrak tersebut bisa melakukan distribusi asset yang mereka miliki. Kontrak yang terjadi dengan Etherium tersimpan didalam Blockchain Etherium, terbuka dan bisa diakses oleh public.

 

Daaps mempunyai kemiripan dengan Smart Contract namun berbeda pada dua hal. Pertama pihak atau peserta dalam kontrak tidak terbatas, kedua Dapps tidak harus dalam bentuk financial. Contoh bentuk Dapps adalah BitTorrent.

Apa Itu Gas?

Gas adalah biaya yang diperlukan untuk melakukan transaksi atau pertukaran data pada Etherium. Gas pertama kali ditetapkan sebesar 10 Szabo atau 1/100,000 Ether. Block yang tercipta pada transaksi menggunakan Etherium terbatas, jadi anda harus membayar premium block untuk melakukan transaksi yang lebih besar. Gas juga digunakan sebagai benteng pertahanan terhadap serangan hacker berupa DDOS ( Denial of Service Attacks). Semakin sulit, besar atau semakin banyak data yang didistribusikan semakin besar Gas yang diperlukan. Saat ini harga Gas tetap namun seiring perkembangan harga Gas akan mengikuti dinamika pertumbuhan Etherium itu sendiri.

Apa itu Blockchain Etherium?

Blockchain pada Etherium pada prinsipnya hampir sama dengan blockchain pada bitcoin. Blockchain Etherium adalah public leger yang berupa data transaksi para pengguna Ether dan bisa diakses secara umum oleh pengguna Ether. Blockchain menggunakan protocol Cryptogrphy untuk menjaga keamananya. Dapps dan Smart Contract berjalan diatas Etherium blockchain.

Etherium Wallet

Penyimpanan Ether adalah dengan wallet bisa download softwarenya atau dengan online wallet service. Kalau saya lebih suka wallet yang disediakan Holytransaction ( Universal Wallet ).

Etherium Mining

Apa itu Ehterium mining.  Mining berarti penambangan. Etherium diperoleh dengan menambang. Anda menambang Etherium dari jaringan dengan menggunkan Etherium Software miner atau membeli Etherium Cloud Mining. Untuk membeli cloud mining yang menambang Etherium anda bisa invest di eobot atau Genesis-mining.

Jika ingin mencopy silahkan tetapi tolong berikan live links , Mari menghargai intelektual property!.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 3 =