Hati-Hati Investasi Bitcoin

Investasi bitcoin saat ini tampak menggiurkan. Kenapa demikian? harga bitcoin yang melambung tinggi membuat banyak orang tertarik menanamkan investasinya di bitcoin. Namun berhati-hatilah karena banyak sekali situs – situs HYIP ( High Yield Investment Program) yang pada akhirnya akan merugikan investor karena tidak akan membayar keuntungan yang dijanjikan. Yang lebih parah lagi uang anda investasikan akan hilang. Karena kebanyakan HYIP menawarkan skema investasi dengan sistem PONZI.

Apa Itu Skema Investasi PONZI?

Ponzi adalah skema investasi yang  membayar keuntungan investor dari hasil pembayaran investor lain bukan dari keuntungan sebuah usaha. Ini hanya seperti money game dimana pemodal tidak benar – benar menginvestasikan dananya di binsis yang nyata.

Ponzi diperkenalkan oleh Charles Ponzi tahun 1920. Siapakah Charles Ponzi? Nama lainya adalah Charles Ponci, Carlo and Charles P. Bianchi adalah pria kelahiran Italia tahun 1882 di daerah Lugo. Pada tanggal 15 November 1903, ia tiba di Boston kapal SS Vancouver . Pada waktu itu dia,  Ponzi hanya memiliki $ 2,51 di sakunya , setelah menghabiskan uangnya untuk melakukan pelayaran . ” Aku mendarat di negeri ini dengan $ 2,50 tunai dan dengan $ 1 juta harapan , dan harapan-harapan tidak pernah meninggalkan saya, ” ia mengatakan kepada The New York Times .Kemudian dia belajar  bahasa Inggris dengan cepat dan bekerja  sebagai pencuci piring di sebuah restoran , di mana ia tidur di lantai . kemudian dia bekerja menjadi pelayan  tapi dipecat karena  pencurian.

 

Untuk menarik korbanya investasi model ponzi ini menggunakan para pemodal yang awal mendaftar sebagai promotor. Biasanya operator menerapkan skema piramida. Dengan mengajak member lain akan mendapat reward beberapa persen. Namun setelah dana terkumpul banyak member baru yang berharap mendapatkan keuntungan dari investasi yang mereka tanamkan akan mendapatkan hal sebaliknya. Uang mereka akan lenyap dibawa kabur oleh operator investasi dengan skema ponzi tersebut.

Investasi bitcoin hati hati
Charles PONZI

Karakteristik skema ponzi biasanya adalah sebagai berikut;

  1. Menjanjikan keuntungan besar yang tidak wajar jika diperhitungkan dengan system akutansi sebuah usaha.
  2. Memulai bisnis investasi sebagai perusahaan yang sah dan legal secara hokum.
  3. Menggunakan system piramida. Para investor yang menjadi promotor mengajak orang baru dengan janji untung besar. Namun pembayaran keuntungan sebenarnya permainan uang dari anggota baru.
  4. Memberikan rencana baru setelah orang tertarik skema keuntungan yang diberikan. Contohya seorang menanam modal satu juta dengan keuntungan 15 % sebulan. Dia akan mendapat keuntungan 150 ribu tiap bulan. Agar uang 150 ribu tidak ditarik maka si operator menawarkan skema accrued atau mengakumulasi keuntungan ditambahkan modal. Si penanam modal berharap akan mendapatkan keuntungan lebih besar di akhir tahun kontrak investasi. Dengan demikian akan menarik para investor lama maupun yang baru.
  5. Pembayaran atau penarikan dana mengalami penundaan. Ini adalah tanda-tanda system ini akan menjadi scam ( penipuan). Meskipun bisa ditarik biasanya jumlahnya kecil. Untuk apa dilakukan bisa jadi si Pelaku Ponzi sudah bersiap –siap memindahkan dananya ke tempat lain dan dia siap kabur.

Diatas adalah ciri-ciri umum skema investasi PONZI dibawah ini adalah ciri-ciri investasi bitcoin berskema PONZI.

  1. Investasi Mining dengan keuntungan luar biasa.

Investasi mining bitcoin pada umumnya akan memberikan hasil atau ROI 12 – 18 Bulan. Dengan kontrak misalnya antara 2 tahun sampai 5 tahun. Sedangkan investasi PONZI pada bitcoin menjanjikan keuntungan perjam, perhari, atau perbulan.

2. Cara Mendapatkan Bitcoin Dengan Mining.

Mining bitcoin merupakan proses komputerisasi dengan koneksi internet yang memerlukan tenaga listrik yang cukup tinggi. Investasi pada mining bitcoin merupakan bagi hasil antara si pemilik alat mining dengan si investor dalam pembiayaan tenaga listrik dan koneksi inernet. Dengan demikian investasi instan langsung untung dalam waktu 1 jam atau satu hari antara 2.5 %- 10 % adalah bohong. Karena jika dihitung biaya mining dengan bagi hasil dengan investor si empunya alat mining pasti merugi. ( Siapa yang mau bisnis tapi merugi?).

3. Investasi Trading Bitcoin

Jika ada penawaran investasi anda di gunakan untuk trading, aduh siapa yang bisa menjamin trading yang dilakukan bakalan untung. Ini terjadi juga pada uang dollar dan rupiah tidak hanya pada bitcoin.

Demikian sekilas apa yang dimaksud dengan PONZI. Semoga memberikan anda pengetahuan sehingga anda lebih hati-hati didalam berinvestasi dan tidak terjebak pada system ini.

Semoga sedikit pengalaman dari saya menjadikan anda mengerti bagaimana liku-liku dunia cryptocurrency. Ada baiknya sebelum anda terjung melakukan investasi anda mempelajari bagaimana bitcoin itu sendiri, melakukan transaksi dan membeli bitcoin dalam jumlah kecil. Jangan sampai juga kalau anda menyimpan bitcoin di komputer pribadi anda, dan lupa paswordnya padahal jumlah bitcoin yang disimpan banyak jadi repot karena bitcoin anda akan terkunci dan tidak bisa dibuka lagi, kalaupun bisa mungkin anda harus membayar mahal seorang yang bisa melakukan crack wallet bitcoin anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + seven =