Identitas Penemu Bitcoin Satoshi Nakamoto Terungkap?

Craig Wright dinyatakan sebagai Satoshi Nakamoto oleh Gizmodo. Dengan bukti kebocoran email milik Craig yang di crack oleh hacker. Dengan bukti – bukti tersebut Gizmodo mengatakan sudah cukup bukti untuk mengatakan Craig Wright adalah Si Penemu Bitcoin yang misterius.

Benarkah Craig Wright Sebagai Satoshi Nakamoto?

Pada tanggal 8 December 2015, Gizmodo dan wired mempublikasikan bahwa mereka berhasil mengungkap siapa pembuat bitcoin yang misterius. Mereka mendapatkan berita tersebut dari kebocoran email milik Craig Wright. Dari sana maka Craig dianggap sebagai Satoshi Nakamoto oleh jurnalis wired Andy Greenberg dan Gwern Branwen.

Sehari Setelah itu kepolisian Australia menangkap Craig di rumahnya. Namun pihak kepolisian menyatakan penangkapan Craig tidak ada hubunganya dengan bitcoin. Craig ditangkap atas masalah pajak pada pemerintah Australia.

Wired menunjukan banyak bukti dari kebocoran email milik Wright. Blog post Wright sehari sebelum diluncurkan bitcoin juga merupakan indikasi kuat. Sebuah email satoshin@vistamail.com yang mirip dengan email milik Satoshi Nakamoto satoshi@vistamail.com yang digunakan untuk mengenalkan bitcoin kepada public digunakan untuk mengirimkan post di blog Wright ada kaitanya dengan PGP key yang digunakan Satoshi Nakamoto.

  • A post on the same blog from November, 2008. It includes a request that readers who want to get in touch encrypt their messages to him using a PGP public key apparently linked to Satoshi Nakamoto. A PGP key is a unique string of characters that allows a user of that encryption software to receive encrypted messages. This one, when checked against the database of the MIT server where it was stored, is associated with the email address satoshin@vistomail.com, an email address very similar to the satoshi@vistomail.com address Nakamoto used to send the whitepaper introducing bitcoin to a cryptography mailing list.

http://www.wired.com/2015/12/bitcoins-creator-satoshi-nakamoto-is-probably-this-unknown-australian-genius/

Bukti lainya masih banyak lagi silahkan lihat di atas. Selain itu dikatakan bahwa Wright memiliki 1.1 juta bitcoin di walletnya. Jumlah yang hampir sama dimiliki oleh Satoshi Nakamoto.

Dengan pemberitaan kedua media tersebut dunia menjadi terpusat pada profile Craig Wright. Namun apakah komunitas bitcoin mempercayainya?

Berikut adalah beberapa respon yang muncul dari komunitas bitcoin.

Jurnalis motherboard Sarah Jeong menyangsikan keotentikan PGP key milik Craig dengan PGP key milik Satoshi Nakamoto yang asli. Apa jawaban wired? Mereka mengatakan PGP key adalah data kecil. Namun Sarah Jeong mengungkapkan bahwa PGP key adalah sangat penting sebagai pembuktian karena itu menjadi fingerprint bagi pemiliknya.

Inilah kesimpulan yang diambil dari penjelasan Sarah Jeong dalam artikelnya

  • Only one key, the Original Key, is actually known to be associated with Satoshi.
  • Hanya satu key , key yang asli yang benar-benar berhubungan dengan Satoshi.
  • The Wired and Gizmodo Keys that supposedly lead back to Satoshi weren’t previously known to be linked to Satoshi, and their 2008 creation date could have been faked.
  • Kye yang ada Wired dan Gizmodo diarahkan ke Satoshi tidak diketahui berhubungan dengan Satoshi, dan tanggal pembuatan 2008 bisa jadi dipalsukan.
  • Both keys use a longer and less-common key size than the Original Key.

Kedua key lebih panjang atau key yang panjangnya tidak umum seperti key yang asli.

  • Both keys use a list of cipher-suites that don’t match up to the Original Key, and weren’t added to GPG until 2009.
  • Kedua key menggunakan cipher-suite yang tidak cocok dengan key yang asli, dan tidak di tambahkan ke GPG sampai 2009.
  • The Wired key was retroactively added to a 2008 blogpost sometime between 2012 and 2014, as noted in its story.
  • Key dari wired ditambahkan ke blogpost 2008 antara tahun 2012 dan 2014.
  • A core Bitcoin developer who’s been involved from nearly the beginning looked back at 2011 chatlogs referring to “fake” Satoshi keys on keyservers, and found no reference to either the Gizmodo or Wired keys. He thinks that those keys weren’t yet uploaded to the keyserver in 2011.
  • Seorang developer bitcoin yang terlibat sejak dari awal melihat kebelakang pada chatlogs 2011 menunjukan ke  key milik satoshi “ Palsu”  pada keyservers, dan tidak ditemukan referensi kepada key yang ada pada Gizmodo atau Wired. Dia menyatakan bahwa key –key teresbut di upload ke keyservers tahun 2011.

http://motherboard.vice.com/read/satoshis-pgp-keys-are-probably-backdated-and-point-to-a-hoax

Hal lain yang membuat orang ragu bahwa Craig adalah Satoshi Nakamoto adalah ide Wright yang gagal untuk membuat bank bitcoin. Sungguh aneh , Satoshi Nakamoto merancang bitcoin sebagai decentralized money sementara itu Wright justru melakukan sebaliknya membuat bank bitcoin yang merupakan sentralisasi keuangan.

Selain itu mailing list atas nama satoshi@vistamail.com mengatakan “ I am not Craig Wright, We are all Satoshi”.  Namun pihak gizmodo mengatakan bahwa akun tersebut telah disusupi oleh hacker sehingga pernyataan tersebut meragukan.

Pernyataan dari CSU  ( Charles Stut University) mengatakan Wright tidak mendapatkan gelar PhD.

But a statement sent to FORBES today from the university said it had never handed Wright any PhD. “Mr Wright has not been awarded a PhD from CSU,” the statement read.

http://www.forbes.com/sites/thomasbrewster/2015/12/11/bitcoin-creator-satoshi-craig-wright-lies-hoax/

Sebenarnya masih banyak lagi hal – hal yang meragukan selain dari PGP key yang tidak sama dengan milik Satohsi Nakamoto yang asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 − four =