Teknologi Blockchain Bisa Menekan Dan Menurunkan Angka Korupsi

Blockchain menjadi sebuah harapan baru bagi dunia financial maupun bidang lainya. Teknologi blockchain bisa digunakan untuk menyimpan data atau asset yang terkomputasi secara otomatis dengan keamanan yang tinggi karena menggunakan system yang terdesentralisasi. Data yang tersimpan juga bisa diakses oleh public sehingga memungkinkan semua pihak untuk mengaudit atau mengontrol jalanya sebuah program baik keuangan maupun lainya.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan teknologi raksasa Jepang, Hitachi, tak lama lagi akan meluncurkan terobosan terbaru dalam dunia bisnis dan finansial. Laporan resminya bahkan menyebutkan, akan membangun Financial Innovation Laboratory di Silicon Valley. Inovasi besar yang dimaksud bernama Teknologi Blockchain yang merupakan basis dari teknologi mata uang digital. 
  
 Pakar Digital Marketing Indonesia, Anthony Leong, mengakui kalau potensi teknologi blockchain sangat besar dan patut dikembangkan di Indonesia. Malahan, menurutnya, aplikasi tersebut bisa sangat membantu dalam hal memberantas korupsi, seperti membuat e-budgeting dengan teknologi Blockchain.
  
 “Blockchain punya kelebihan tersendiri, di antaranya lebih efisien karena bisa menekan biaya transaksi, transparan karena dapat diakses publik, dan kemanannya tinggi serta mampu meminimalisasi kasus human error, karena semua transaksi nantinya telah dikomputerisasi dan tercatat secara otomastis,” kata Anthony di Jakarta, Kamis (24/3).
http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/aplikasi/16/03/25/o4k0yb317-korupsi-marak-pakar-digital-tawarkan-teknologi-blockchain

 

Namun sampai saat ini belum terlihat ada institusi besar di Indonesia yang melirik ke teknologi ini. Bisa jadi karena kurangnya informasi atau keengganan mereka dengan system yang transparan. Kelebihan dari teknologi ini selain transparansi,  data yang sudah tercatat tidak bisa di rubah. Jadi tidak akan mungkin orang untuk melakukan manipulasi data atau penggelumbungan anggaran (Mark up). Pada akhirnya diharapkan , teknologi ini akan menekan angka korupsi di negeri ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 20 =